Mahasiswa Bermuka Kerbau Berorientasi Kearah Babi Hutan


Dijaman era modern ini mahasiswa sudah tidak menjadi salah satu titik penyeimbang terhadap keadaan stabilitas negara karena kebanyakan mahasiswa sekarang sudah tidak memahami perannya sebagai mahasiswa. salah satu faktornya adalah pergeseran moral terhadap mahasiswa itu sendiri. impactnya Mahasiswa terbagi menjadi beberapa golongan seperti mahasiswa apatis, mahasiswa skeptis, mahasiswa kupu-kupu, mahasiswa organisatoris dll.

Pada awal terjadinya dekadensi moral terhadap mahasiswa dikarenakan sistem NKK-BKK(Normalisasi kehidupan kampus- badan kordinasi kampus) pada tahun 1978 di era Alm. Soeharto pada saat penurunan sk-3 menteri (Menteri pendidikan, Menteri dalam negeri dan Menteri pertahanan) yang bertujuan supaya mahasiswa akan terfokus terhadap perguruan tinggi dan orientasinya sudah berhasil mahasiswa kearah study oriented, banyak mahasiswa hanya mengejar nilai-nilai akademisi dan hanya sedikit mahasiswa yang mencoba menyeimbangi antara kehidupan sosial bermasyarakat dan dunia akademisi, outputnya dari produk hukum NKK-BKK (normalisasi kehidupan kampus-badan kordinasi kampus) membuat mahasiswa-mahasiswa menjadi apatis atau resis terhadap dunia per-politikan dan dunia aktivis. ini akan menjadi suatu penurunan kualitas mahasiswa dinegara indonesia ini, padahal sudah jelas basis filosofi dan idealisme mahasiswa sudah tercakup dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi: 1.Pendidikan 2.Penelitian 3.Pengabdian kepada masyarakat. ini menjadi Mensana inco poresano (idelaismenya kesana kelakuannya kesono)

Sekarang hampir semua mahasiswa hanya bisa diam dan mengangguk saja terhadap kondisi negara ini yang sudah pincang sebelah. hanya identitasnya mahasiswa tetapi kelakuannya seperti kerbau, yang pada akhirnya mahasiswa bukan menjadi pendorong perubahan kearah yang lebih maju tetapi malah menjadi penghambat perubahan.

pada saat masyarakat miskin yang tertindas oleh kepentingan kekuasaan didalam negeri ini, seakan-akan mahasiswa sudah ternina bobokan terhadap kondisi negara ini yang sudah tercium bau bangkainya dari sabang sampai marauke. Sikap mahasiswa jaman sekarang ini sudah mirip sekali dengan kelakuan kerbau, mungkin bisa saja dikemudian hari sikap mahasiswa berkelakuan seperti babi babi hutan yang berlarian dimalam hari dan hanya bisa mengeluarkan suara “NGOK NGOK”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s