Cara Mengatasi Laptop/Pc Yang Tidak Bisa Diinstal Ulang Windows XP


Hay…kali ini ane mau bagi informasi cara mengatasi lepto/pc yang tidak bisa insatal windows XP entah versi apa..

Mungkin diantara shobat bloger banyak  yang bingung pada saat mau menginstal laptop kalian dengan Windows XP atau versi Windows dibawahnya. Pada saat akan memulai instalasi muncul pesan error dengan layar biru atau yang sering disebut Blue Screen. Hal ini memang umum terjadi terutama pada laptop keluaran terbaru yang sudah dipaket dengan Windows Vista. Kenapa bisa begitu?

Rata-rata Laptop jaman sekarang sudah berupa paket bundling Windows Vista. Tentu ada alasannya, salah satunya karena Windows Vista pada masternya sudah mendukung atau direkomendasikan teknologi AHCI, yaitu semacam teknologi yang berkaitan dengan hard disk shobat bloger  semua. Sementara Windows XP belum mendukung teknologi itu, dan apabila di-install menggunakan Windows XP entah versi berapapun, saat masuk di lembar deteksi Harddisk terjadi bluescreen. Sebenarnya masalahnya adalah Windows XP SP1/SP2 tidak mengenal AHCI, berarti kita harus membuat CD Instalasi Windows XP ini mengenal IDE/SATA agar bisa diistall Windows XP SP2.

Okey kayaknya sudah cukup basa-basi saya ya..hehehe..

Caranya :

  1. Masuk Ke system Bios, sewaktu mau booting tekan tombol F2 untuk laptop acer , atau tombol lainya bagi merek lain,shobat pasti tau..
  2.  Cari di bios sytem yang ada tulisanya SATA Controller
  3. Ubah setingan Dari AHCI ke pilihan yang keduaSSA47882
  4. Simpan setingan dengan menekan tombol F10
  5. SelesaiNah.. Sekarang sobat baru bisa install Windows XP tanpa ada pesan Blue Screen. Saya tidak atau apa cara ini bisa disemua leptop/pc tapi saya jamin bisa … yg penting coba dan coba heheheeeee..

4 responses to “Cara Mengatasi Laptop/Pc Yang Tidak Bisa Diinstal Ulang Windows XP

  1. bos ni ada masalah yang saya temui leptop saya sedang instal tiba tiba mati lampu jadi instalnya setengah begitu lampu nyala saya coba lagi kok tampilanya ndak karuan

  2. info sangat bermanfaat..
    terimakasih banyak gan.. kebetulan ane punya masalah seperti ini….
    skrg udah bisa
    terimakasih banyak infonya
    😘😘😘😘😘😘

  3. mantabs…. thank gan🙂
    sangat membantu, kebetulan ane punya problem yg sama.
    stlh baca, lsg ngacir proses installasi os pc ane. he he he

Tinggalkan Balasan

