Cara menghapus file yang berektensi bat.


tampilan jika sudah di eksekusi/kli 2x

Virus Windows Batch File atau yang lebih dikenal dengan virus yg berektensi.bat/batch file adalah jenis virus yang menggadakan dirinya pada semua folder yang ada dalam satu partisi. Virus ini akan tercopy otomatis ke tiap folder jika sudah dieksekusi. Pencegahan awal yang perlu dilakukan jika laptop/kompi tidak ingin terserang virus ini adalah jangan dieksekusi (klik 2x atau  open). Virus Windows Batch File terbilang tidak membahayakan karena tidak menyerang system windows. Namun, virus ini sangat meresahkan jika laptop/kompi terserang apalagi pemula seperti kita ni.

tampilan windows bat file

Ciri utama laptop/pc yang sudah terserang virus ini adalah tiap folder ada file dengan extensi MS-DOS Batch File. Virus ini dirancang khusus untuk menyalin file .bat (batch file) ke semua folder yang nama filenya sama dengan nama folder yang ditempatinya. Jika kita para pemula, keseringan kita tidak berpikir panjang lagi untuk menghapus file .bat ini di semua folder pada tiap partisi, namun terbayang cape nggak jika semua file yg da di lepi kita ada file batch, pasti membutuhkan waktu banyak gan. atu yang lebih parahnya lagi kita langsung inul/instal ulang heheh.. atau format partisi. ok kita langsung aja ke TKp ya..sudah cukup basa-basinya hehehe..

Ada dua cara untuk menghilangkan virus ini yakni :

  1. Script (tanpa software)

Perlu shobat ketahui bahwa tips ini ane temukan setelah tanya bah google, script virus ini dirancang untuk mencopy otomatis .bat file ke setiap folder jika telah dieksekusi. maka dari itu, kita hanya perlu membuat script berlawan dengan tujuan virus yaitu script untuk menghapus otomatis .bat file di semua folder.

Berikut adalah script virus batch file :

set h=For

%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do copy %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”

Yang perlu shobat lakukan untuk menghapus .bat file adalah dengan membuat lawan dari script di atas sehingga sriptnya akan berubah seperti ini :

set h=For

%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do del %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”

Untuk lebih mudahnya, cari salah satu .bat file dalam folder kemudian klik kanan pilih edit sehingga akan muncul notepad yang berisi kode/script virus seperti gambar di bawah.


script virus di atas akan shobat edit sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.


kemudian tekan “Kontrol + S” (tanpa tanda petik) untuk menyimpan script di lanjutkan dengan klik 2x pada .bat file yang kita edit tadi.tunggu hingga proses selesai dan lihat hasilnya, virus .bat file tidak ada lagi di laptop/komputer kita. bagaimana? gampang kan..! kalau begitu, selamat mencoba.

      2. Menggunakan Software

Yang kita butuhkan adalah software yang telah dirancang untuk menghajar virus ini di setiap folder dalam partisi. Silahakn di download pada link yang telah di sediakan.

  1. Download softwarenya di SINI atau di SINI
  2. Ekstrak file yang telah didownload.
  3. Klik 2x App hingga muncul tampilan seperti ini.

  1. Pilih partisi yang akan di bersihkan dari virus .bat/batch file
  2. Tunggu hingga proses selesai
  3. Ikuti petunjuk berikutnya
  4. Semoga berhasil

Sekian cara sederhana untuk menghapus virus windows batch file dan semoga saja virus ini tidak menjadi masalah lagi buat kita-kita orang awam. salam blogger…!

8 responses to “Cara menghapus file yang berektensi bat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s