Starting XI Pemain Termahal Dalam Sejarah Sepakbola


Cristiano Ronaldo (REUTERS/Sergio Perez)

Menjelang bursa transfer musim panas, berita-berita mengenai transfer pemain semakin santer terdengar. Banyak pemain top mulai dari penjaga gawang hingga striker dikabarkan akan berganti seragam. Rekor transfer kemungkinan kembali terjadi.

Transfer pemain mulai dari penjaga gawang hingga seorang striker pernah melahirkan rekor baru dalam sejarah sepakbola. Nah, tentu tak ada salahnya untuk kembali menyimak rekor transfer pemain yang tersusun dalam starting XI.
Gianluigi Buffon
1. Kiper
Untuk posisi penjaga gawang, rekor transfer masih dipegang kiper Juventus, Gianluigi Buffon. Kiper timnas Italia ini diboyong Juventus dari AC Parma dengan nilai transfer 38 juta poundsterling atau Rp562,4 miliar pada 2001.

Dani Alves
2. Bek Kanan
Di posisi bek kanan, rekor transfer dipegang Dani Alves. Bek Brasil ini diboyong Barcelona dari Sevilla dengan nilai transfer 23,5 juta poundsterling atau Rp347,8 miliar pada 2008. Harga itu tampak sepadan dengan kontribusi Alves untuk klub Katalan itu.

Thiago Silva
3. Bek Tengah
Thiago Silva saat ini tercatat sebagai bek tengah termahal. Ia didatangkan Paris Saint-Germain (PSG) dari AC Milan dengan nilai transfer 35 juta poundsterling atau Rp518 miliar pada 2012. Ia sukses memberikan gelar Ligue 1 di musim pertamanya.

Rio Ferdinand di Acara Lelang Amal di Jakarta
4. Bek Tengah
Sebagai tandem Thiago Silva ada nama bek Manchester United Rio Ferdinand. Pemain yang baru memutuskan pensiun membela timnas Inggris ini diboyong MU dari Leeds United pada 2002. Saat ini Ferdinand tercatat sebagai bek termahal dalam sejarah sepakbola Inggris.

Fabio Coentrao
5. Bek Kiri
Di posisi bek kiri ditempati bek Real Madrid Fabio Coentrao. Bek timnas Portugal ini diboyong dari Benfica dengan nilai transfer 27 juta pounds atau Rp399,7 miliar di tahun 2009. Ia menjadi pemain kunci Madrid di era Jose Mourinho.

Ricardo Kaka
6. Sayap Kanan
Ricardo Kaka menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di posisi ini. Gelandang asal Brasil ini boyong dari AC Milan dengan nilai transfer 56 juta pounds atau setara Rp829 miliar di tahun 2009. Sayang kariernya di Madrid tak secerah di Milan setelah gagal masuk tim inti Los Blancos.

Luis Figo (Inter Milan)
7. Gelandang Tengah
Luis Figo memang telah lama pensiun. Namun, pria Portugal ini pernah tercatat sebagai salah satu pemain termahal setelah diboyong dari Barcelona pada 2000. Saat itu Madrid harus membayar sebesar 37 juta pounds atau setara Rp547,8 miliar.

Zinedine Zidane
8. Gelandang Tengah
Tandem Figo di Madrid, Zinedine Zidane juga masuk dalam daftar ini. Bahkan, Madrid harus mengeluarkan dana lebih besar saat memboyong Zizou dari Juventus pada 2001. Legenda hidup Prancis ini ditransfer sebesar 46 juta pounds atau Rp681 miliar.

Cristiano Ronaldo
9. Sayap Kiri
Untuk posisi ini ditempati Cristiano Ronaldo. Winger Portugal ini diboyong Madrid dari Manchester United senilai 80 juta pounds atau setara Rp1,184 triliun pada 2009. Angka itu tercatat sebagai yang termahal dalam sejarah sepakbola hingga saat ini.

Striker PSG, Zlatan Ibrahimovic, saat lawan Lorient
10. Striker
Zlatan Ibrahimovic mendapat satu tempat di posisi ini. Striker timnas Swedia ini diboyong Barcelona dari Inter Milan dengan nilai transfer 40 juta pounds plus Samuel Eto’o pada 2009. Namun, Ibra akhirnya kembali di lego setelah dianggap kurang memberikan pengaruh besar bagi Barcelona.

Fernando Torres
11. Striker
Fernando Torres menjadi tandem Ibra di barisan depan. Striker Spanyol ini diboyong Chelsea dari Liverpool pada 2011 dengan nilai transfer 50 juta pounds atau Rp739,9 miliar. Namun, harga itu dianggap terlalu mahal melihat catatan gol Torres di Chelsea.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s